Penyakit Kanker Payudara (Breast Cancer)

Apakah penyakit kanker payudara itu?
Satu dari sembilan wanita mengalami kanker payudara di beberapa titik dalam hidupnya. hal ini merupakan penyebab utama kematian bagi wanita berusia 34 sampai dengan 54.

Pria juga dapat mengalami kanker payudara.

Kanker payudara adalah penyakit yang ganas sel kanker terbentuk dalam jaringan payudara. Kerusakan pada DNA hasil sel dalam pembelahan sel yang tidak terkendali dalam pertumbuhan, dan, akhirnya, sel yang memadai menumpuk untuk membentuk benjolan.

Sel menyerang jaringan payudara yang normal sekitarnya serta dapat pecah menjadi benjolan primer menyebar dalam saluran getah bening atau aliran darah ke organ lain di mana benjolan sekunder (metastasis) dapat terbentuk.

Payudara dibagi menjadi saluran air susu dan lobulus. Bentuk yang paling umum kanker payudara muncul dari saluran dan dikenal sebagai karsinoma duktal invasif. Kanker yang timbul dari lobulus (karsinoma lobular invasif) .

Seperti kebanyakan kanker, kunci untuk pengobatan yang berhasil adalah diagnosis dini sebelum kanker telah memiliki kesempatan untuk menyebar ke organ lain

Penyebab penyakit Kanker Payudara
Satu alasan yang tepat mengapa kebanyakan perempuan yang terkena penyakit kanker payudara masih belum diketahui, tetapi dianggap sebagai kombinasi faktor genetik, lingkungan dan gaya hidup. Para ilmuwan telah mengidentifikasi dua gen yang lebih cenderung diantaranya rusak pada seseorang dengan kanker payudara. Gen ini juga menyebabkan bagi sebagian kanker lainnya. Namun, bahkan kedua gen mengalami mutasi diduga hanya bertanggung jawab untuk sekitar lima sampai 10 persen kasus kanker payudara.

Hormon tampaknya memiliki peran penting dalam kanker payudara. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara kadar estrogen (hormon seks perempuan) dan risiko terkena kanker payudara. Penyebab pasti kanker payudara belum jelas diidentifikasi, tetapi ada beberapa faktor penyebabnya diantaranya:
Penyakit Kanker payudara dan genetika

Kurang dari satu dari 20 kasus kanker payudara yang menurun, jadi jika seorang saudara mengalami kanker payudara itu paling mungkin secara kebetulan. Namun, Anda harus lebih hati jika Anda memiliki:
  1. Seorang kerabat yang didiagnosis di bawah usia 40 mengalami kanker
  2. Seorang kerabat dekat dengan kanker di kedua payudara
  3. Seorang kerabat laki-laki dengan kanker payudara
  4. Dua kerabat dekat di pihak yang sama dari keluarga didiagnosa menderita kanker payudara di bawah 60 atau dengan kanker ovarium
  5. Tiga kerabat dekat yang didiagnosis dengan payudara atau kanker ovarium pada usia berapa pun
Barangkali akan berguna jika menuliskan catatan riwayat kesehatan keluarga, untuk membantu Anda menentukan pola penyakit yang berjalan dalam keluarga.

Pencegahan penyakit Kanker Payudara
Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa menyusui dapat melindungi Anda terhadap kanker payudara. Itu tidak diketahui persis bagaimana hal ini terjadi tetapi sebuah studi besar (150.000 perempuan) oleh Cancer Research UK di tahun 2002 dibandingkan sejarah menyusui wanita yang menderita kanker payudara dengan wanita yang tidak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama wanita itu menyusui selama masa hidupnya, semakin kecil kemungkinan mereka terkena kanker payudara, menurunkan risiko sebesar 4,3 persen untuk setiap tahun dari menyusui dan sebesar 7 persen untuk setiap anak lahir dan diberi Asi.

Gejala-Gejala dari penyakit Kanker Payudara
Cara yang paling potensial mendeteksi adalah saat terjadi perubahan fisik pada payudara. Kuncinya adalah bagi seorang wanita untuk mengetahui apa yang 'normal' (sewajarnya keadaan payudara anda), sehingga semua perubahan dapat diperhatikan. Semua wanita harus berlatih memperdulikan payudaranya. Hal ini meliputi mengenal apa yang normal bagi payudara Anda dari segi tampilan dan tekstur, sehingga Anda bisa melihat setiap perubahan dan mengecek sesegera mungkin.

Contoh hal-hal yang harus diwaspadai antara lain:
  1. Benjolan atau penebalan jaringan
  2. Setiap kulit mengelupas atau keluarnya cairan dari puting.
  3. 'Tethering' kulit, seolah-olah itu ditarik dari dalam
  4. Setiap sensasi yang tidak biasa atau ketidaknyamanan
  5. Perubahan garis, bentuk atau ukuran payudara
Ingat, meskipun benjolan yang paling tidak berbahaya serta akan berubah untuk tidak menjadi kanker, sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin, terutama jika Anda masih muda.

Banyak benjolan akan diambil dengan mammogram - x-ray dari payudara yang diambil setiap beberapa tahun sebagai bagian dari Program Nasional Payudara Skrining NHS. NHS Nasional Payudara Program Pemeriksaan menyediakan skrining gratis untuk kanker payudara untuk semua perempuan di atas usia 50. Jika Anda antara 50 dan 70 Anda harus secara rutin diundang untuk menghadiri mammogram setiap tiga tahun. Wanita lebih dari 70 didorong untuk membuat janji pertemuan mereka sendiri. Screening payudara secara teratur juga dapat menyoroti perubahan pada payudara, memungkinkan kondisi untuk didiagnosis sebelum gejala terjadi.

Perawatan penyakit Kanker Payudara
Jika kanker yang dicurigai, pemeriksaan lain seperti tes darah, rontgen dada dan CT scan juga mungkin dilakukan.
Setelah diagnosis kanker payudara dikonfirmasi, pengobatan yang tepat digunakan, seberapa cepat itu diberikan dan berapa lama semua tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

Pengelolaan kanker payudara adalah usaha tim dan sejumlah spesialis mungkin terlibat termasuk dokter bedah, ahli kanker dan perawat payudara .

Semakin besar tumor relatif terhadap ukuran payudara, semakin besar kemungkinan bahwa mastektomi akan direkomendasikan. Dalam prosedur yang dikenal sebagai 'lumpectomy', hanya benjolan kanker akan dihapus. Setelah kedua jenis operasi, radioterapi dapat diberikan untuk mengurangi kemungkinan bahwa kanker akan tumbuh kembali. Kebanyakan wanita dengan kanker payudara tidak perlu memiliki payudara.

Jika tumor sangat besar, pengobatan dapat diberikan untuk mengurangi ukurannya sebelum operasi berlangsung. Dalam kebanyakan kasus, ahli bedah juga menghilangkan kelenjar getah bening di bawah lengan untuk mengetahui apakah sel kanker telah menyebar ke dalam sistem limfatik (jaringan pembuluh yang menghubungkan berbagai bagian tubuh). Jika kanker telah mencapai kelenjar getah bening, itu lebih mungkin telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Sel kanker payudara dapat diuji untuk melihat apakah mereka sensitif terhadap estrogen, dan lebih mungkin tumbuh jika hormon hadir. Jika ini terjadi, Anda mungkin akan diberi obat yang menghambat aksi hormon, membatasi pertumbuhan kanker. Namun, karena beberapa bentuk obat ini menghasilkan gejala-gejala menopause, perempuan muda yang kanker payudara lebih mungkin untuk memiliki penyebaran dapat ditawarkan kombinasi operasi dan kemoterapi sebagai gantinya.

Setelah operasi payudara, atau bahkan penghapusan payudara, bedah pembentukan kembali ini dimungkinkan untuk mengembalikan penampilan payudara. Ini bahkan bisa dilakukan pada waktu yang sama dengan mastektomi. Teknik yang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan Dokter Ahli Bedah mampu untuk meniru penampilan payudara satunya, memberikan penampilan yang normal dalam pakaian.

Beberapa teknik yang digunakan termasuk penggunaan implan, lemak dari bagian lain tubuh, seperti perut, atau bahkan otot belakang yang bulat dibengkokkan untuk membentuk payudara baru [Sumber]

Labels: ,