Indonesia Penyumbang Pemanasan Global

Pemanasan Global atau global worming menjadi permasalahan dunia yang sangat serius. Kerusakan alam, naiknya permukaan air laut akibat melelehnya es di kurub utara dan selatan, fenomena-fenomena alam yang aneh sering terjadi adalah menjadi tanggung jawab seluruh bangsa yang hidup di muka bumi ini. 

Menurut berbagai sumber Indonesia adalah penyumbang terbesar ke 3 setelah Amerika Serikat (AS) dan Cina. Sampai dengan hari ini belum ada langkah yang serius dan signifikan untuk mengurangi pemanasan global. Bagi Indonesia pemanasan global yang menyebabkan melelehnya es di kutub utara dan selatan dapat berakibat tenggelamnnya pulau-pulau kecil di Indonesia, Negara Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau yang sangat banyak, diantaranya ada pulau yang kecil lambat laun bisa tenggelam, termasuk Pelabuhan Tanjung Priok, flores, bali, dan pulau pulau lainnya yang semakin lama semakin menyusut.

Untuk menghindari hal tersebut di atas perlu upaya dan kerjasama yang dilakukan oleh seluruh bangsa.  Selain itu pemerintah harus bersungguh-sungguh dalam hal penataan transportasi dan kegiatan Industri, penghentian penggundulan hutan yang menyebabkan rusaknya atmosfir bumi karena gas meta dan karbondioksida.

Upaya preventif yang bisa dilakukan bersama adalah dengan cara penghematan listrik seperti himbauan pemerintah untuk mematikan listrik satu jam minimal dalam sehari, pemanfaatan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diminimalisir, pengurangan penggunaan plastik dan kertas, penanaman pohon mulai dari sekarang, penggunaan product-product yang ramah lingkungan, dll sehingga kerusakan bumi dapat dihentikan, minimal ditunda dalam waktu yang lama.

Labels: ,