Contoh RPP Berkarakter kelas X Memahami Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Monday, June 4, 2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Guru :
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : PKN
Kelas, Semester : X, I
Tahun Pelajaran :
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
Indonesia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya negara
Alokasi Waktu : 4 X 45 ‘ ( 2 X pertemuan)
Indikator : 1. Menguraikan pengertian menurut para ahli /
tokoh.
2. Menyebutkan
unsur-unsur terbentuknya bangsa.
3. menguraikan pengertian negara
menurut para ahli/tokoh.
4. mendiskusikan unsur-unsur
terbentuknya negara baik unsur konstitutif maupun unsur deklaratif
Pendidikan
Karakter Bangsa
1. Rasa ingin tahu : sikap dan tindakan
yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari suatu yang
dipelajari, dilihat, dan didengar.
2. Demokrasi : cara berpikir, bersikap dan
bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
3. Komunikatif : tindakan yang
memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul dan bekerja sama dengan orang
lain.
A. Tujuan
Pembelajaran:
- Setelah mengkaji berbagai literatur, peserta didik dapat menguraikan tentang pengertian bangsa menurut para ahli.
- Setelah mengkaji dari berbagai literatur, peserta didik dapat mengidentifikasi/ menyebutkan unsur-unsur terbentuknya bangsa.
- Setelah mengkaji berbagai literatur, peserta didik dapat menguraikan/menjelaskan tentang pengertian Negara menurut para ahli.
- Dengan berdiskusi, peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur terbentuknya Negara baik unsur konstitutif maupun deklaratif.
B.
Materi Pembelajaran :
Pertemuan I.
1. Pengertian bangsa menurut para ahli
2. Unsur-unsur terbentuknya bangsa.
Pertemuan II
1. Pengertian Negara menurut para ahli.
2. Unsur-unsur terbentuknya Negara baik
kosntitutif maupun deklaratif
C. Metoda
Pembelajaran :
1. Metoda pembelajaran
a. Ceramah bervariasi, Tanya jawab
b. Diskusi
2. Media pembelajaran
a. OHP
b. Transparansi
c. Media (gambar)
D. Sumber-sumber pembelajaran
1. Listyarti, Retno. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta :
Erlangga
2. Suharno.2004. Diktat Kuliah Sosiologi Politik. Yogyakarta: FIS-PPKn
3. Suteng, Bambang dkk. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas X.
Penerbit : Erlangga Tahun 2007.
4. Modul pembelajaran PKn untuk SMK Kelas
X Semester I, Tim Penyusun Modul MGMP PKn Propinsi DIY.
E. Kegiatan
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
1.
|
Pertemuan I
Kegiatan Pendahuluan
a. memberi salam (berdoa)
b. melakukan presensi
c. menyampaikan tujuan pembelajaran
d. guru mengaitkan materi yang relevan
dengan materi yang akan diajarkan dengan menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai
Merauke
e. Guru menyampaikan garis-garis besar
materi / SK/ KD
|
20 Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
(Demokratis
dan komunikatif serta rasa ingin tahu)
a. Peserta didik diminta membaca modul
dan referensi lain disertai tanya jawab dengan guru untuk memahami pengertian
bangsa menurut para ahli dan unsure-unsur terbentuknya bangsa (eksplorasi,
elaborasi).
b. Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik dan penegasan materi disertai contoh-contoh sebagai umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan dengan menayangkan materi
pembelajaran (konfirmasi).
c. Guru memberikan kesempatan bertanya
bagi peserta didik yang merasa belum jelas terhadap materi yang dibahas
(konfirmasi).
d. Guru menunjuk beberapa peserta didik
untuk menyimpulkan hasil kajian referensi (konfirmasi).
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan penutup
a. Bersama peserta didik guru
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas
b. Melakukan refleksi
c. Guru memotivasi peserta didik untuk
mempersiapkan materi berikutnya.
d. Menutup kegiatan belajar dengan salam
|
20
menit
|
PERTEMUAN
II
|
||
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
a. memberi salam (berdoa)
b. melakukan presensi
c. menyampaikan tujuan pembelajaran
d. guru mengaitkan materi yang relevan
dengan materi yang akan diajarkan dengan menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai
Merauke
e. Guru menyampaikan garis-garis besar
materi / SK/ KD
|
15
menit
|
2.
|
Kegiatan
inti
a. Peserta didik diminta membaca modul
dan referensi lain disertai tanya jawab dengan guru untuk memahami pengertian
bangsa menurut para ahli dan unsure-unsur terbentuknya negara (rasa ingin
tahu, eksplorasi, elaborasi).
b. Peserta didik dibagi ke dalam
kelompok dengan ketentuan tiap-tiap kelompok maksimal 4 orang untuk
mendiskusikan unsur-unsur terbentuknya bangsa dan unsure-unsur terbentuknya
Negara disertai contoh-contoh. (komunikatif dan demokratis/eksplorasi dan
elaborasi)
c. Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi, dan ditanggapi oleh kelompok lain (komunikatif dan demokratis/elaborasi)
d. Guru memotivasi peserta didik yang
kurang beradaptasi aktif (konfirmasi)
e. Guru memberikan apresiasi kepada
peserta didik dan penegasan materi terkait hasil diskusi dengan OHP dan
tranparansi terkait materi disertai contoh-contoh. (konfirmasi)
f. Guru memberikan kesempatan bertanya
bagi peserta didik yang merasa belum jelas terhadap materi yang dibahas
(konfirmasi)
g. Guru menunjuk beberapa peserta didik
untuk menyimpulkan hasil diskusi yang telah dibahas.
|
50
menit
|
3.
|
Kegiatan penutup
a. Bersama peserta didik guru
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas
b. Melakukan refleksi
c. Guru memotivasi peserta didik untuk
mempersiapkan materi berikutnya.
d. Menutup kegiatan belajar dengan salam
|
25
menit
|
F. Penilaian :
1. Teknik penilaian : penilaian tertulis
dan unjuk kerja
2. Bentuk instrument : esai
3. Kisi-kisi soal, butir soal dan kunci
jawaban terlampir
4. Kriteria / pedoman penilaian
a. Criteria ketuntasan belajar minimal
(KKM) = 75
b. Bobot penilaian adalah 40% nilai afeksi
(diskusi) dan 60% nilai tes tertulis.
c. Format penilaian diskusi terlampir.
d. Pedoman penskoran soal uraian adalah :
-
Setiap
jawaban benar diberi skor 10, jawaban salah diberi skor 0
-
Jumlah
skor maksimal 40.
-
Nilai
akhir ditentukan sebagai berikut :
Nilai
akhir : x nilai maksimal (40)
Guru Mata
Pelajaran,
LAMPIRAN :
KISI-KISI SOAL RPP
KD : 1.1 Mendeskripsikan hakikat
bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
No
|
Standar kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Indikator soal
|
Bentuk soal
|
Nomor
soal
|
1
|
Memahami hakekat bangsa dan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya negara
|
Pengertian bangsa
|
Menjelaskan pengertian
bangsa menurut Ernest Renan
|
Esay
|
1
|
Pengertian Negara
|
Menjelaskan pengertian
Negara menurut Mr. Joko Soetono
|
Esay
|
2
|
|||
Unsure-unsur terbentuknya
bangsa
|
Menyebutkan 4 unsur
pembentuk bangsa
|
Esay
|
3
|
|||
Unsure-unsur konstitutif
dan deklaratif
|
Menyebutkan dan menjelaskan
unsure konstitutif dan deklaratif
|
Esay
|
4
|
LEMBAR SOAL
KD : 1.1 Mendeskripsikan hakikat
bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
1. Jelaskan
pengertian bangsa menurut Ernest Renan
2. Jelaskan
pengertian Negara menurut Mr. Joko Soetono
3. Sebutkan
4 unsur pembentuk bangsa
4. Sebut
dan jelaskan unsure konstitutif dan unsure deklaratif
Kunci
jawaban :
1. Bangsa
menurut Ernest Renan adalah sekelompok manusia yang mempunyai kehendak untuk
bersatu sehingga timbul rasa persatuan pada bangsa tadi.
2. Negara
menurut Mr. Joko Soetono adalah organisasimanusia atau kumpulan manusia yang
berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
3. 4
unsur pembentuk bangsa yaitu
1) Cita-cita
yang sama,
2) Sejarah
yang sama,
3) Adat
kebudayaan yang sama
4) Karakter/watak
atau perangai yang sama
4. Unsure
konstitutif adalah unsure mutlak yang harus ada dalam pembentukan suatu bangsa
yang meliputi unsure wilayah, rakyat dan pemerintah yang berdaulat.
Unsure deklaratif adalah unsure
pendukung/pelengkap yaitu kesanggupan suatu Negara dalam mengadakan hubungan
dengan Negara lain.
LAMPIRAN
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI (AFEKTIF)
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK PENILAIAN/SKOR
|
||||||||||||||||
Partisipasi
|
Menghargai pendapat
|
Tanggung jawab
|
Penguasaan materi
|
Kerja sama
|
Skor perolehan
|
nilai
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||
…
|
a.
Keterangan
skor 1 = kurang, 2 = cukup, 3 = baik
b.
Skor
maksimal = 15
Nilai akhir : x maksimal (100)
Materi
A.
Hakekat
Bangsa
1.
Ernset
Renan menyatakan bahwa bangsa adalah suatu nyawa, suatu akal yang terjadi dari
dua hal, yaitu rakyat yang harus bersama – sama menjalankan suatu riwayat dan
rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi
satu.
2.
Hans
Kohn menyatakan bahwa bangsa terjadi karena persamaan ras, bahasa, adat
istiadat dan agama yang merupakan factor pembeda bangsa yang satu dengan yang
lain.
3.
Otto
Bauer menyatakan bahwa terbentuk karena adanya suatu persamaan atau karakter /
satu watak yang tumbuh dan lahir karena adanya persatuan pengalaman.
A.
Unsur
Terbentuknya Bangsa
Bangsa terbentuk
karena berbagai unsur yaitu
1.
Adanya
cita – cita yang sama
2.
Adanya
sejarah hidup yang sama
3.
Adanya
adat dan kebudayaan yang sama
4.
Adanya
karakter watak dan perangai yang sama
5.
Menempati
wilayah yang sama atau tertentu
B.
Pengertian
dan Unsur – Unsur Terbentuknya Negara
Menurut etimologi,
kata Negara berasal dari kata staat ( Belanda dan Jerman), state ( Inggris ),
etat ( Perancis ), status atau statum ( Latin ). Kata tersebut berarti
meletakkan dalam keadaan berdiri atau menempatkan atau membuat berdiri.
Pengertian Negara
menurut pendapat beberapa ahli :
1.
George
Jellinek berpendapat bahwa Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok
manusia yang telah berkediamanan di wilayah tertentu.
2.
George
Wilhelm Friedrich Hegel berpendapat bahwa Negara merupakan Negara kesusilaan
yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan
universal.
3.
R.
Djokosoentono berpendapat bahwa Negara adalah organisasi manusia atau kumpulan
manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
C.
Unsur
– Unsur Terbentuknya Negara
1.
Unsur
konstitutif adalah unsure yang mutlak harus ada pada saat Negara didirikan.
Unsur konstitutif ini meliputi rakyat, wilayah, dan pemerintah yang berdaulat.
Rakyat terdiri dari
penduduk dan bukan penduduk, warga Negara, dan warga Negara asing.
Wilayah Negara
secara umum dapat dibedakan atas wilayah daratan, wilayah lautan dan udara
serta wilayah ekstra territorial.
Konferensi hokum
laut internasional III yamg di selenggarakan oleh United Nations Conventions on
The Law of the Sea (UNCLOS) pada tanggal 10 Desember 1982 menghasilkan beberapa
keputusan sebagai berikut :
1.
Laut
territorial lebarmya adalah 12 mil di ukur dari pulau terluar
2.
Zona
bersebelahan yaitu laut yang lebarnya 12 mil diukur dari laut territorial
3.
Zona
ekonomi Eksklusif ( ZEE ) yaitu wilayah laut suatu Negara yang lebarnya 200 mil
ke laut bebas. Di zona ini, Negara berhak menggali dan mengolah segala kekayaan
alam untuk kegiatan ekonomi eksklusif Negara tersebut.
4.
Landas
kontinen, yaitu daratan di bawah permukaan laut territorial dengan kedalaman
200 meter atau lebih.
5.
Landas
Benua yaitu wilayah laut suatu Negara yang lebarnya lebih dari 200 mil laut.
Negara mengelola dan wajib membagi keuntungannya dengan masyarakat
internasional.
Kedaulatan
yang dimiliki pemerintah dapat berupa :
a.
Kedaulatan
ke dalam, artinya pemerintah memiliki kewenangan tertinggi dalam pemerintahan
b.
Kedaulatan
ke luar, artinya pemerintah berkuasa bebas, tidak terikat dan tidak tunduk
kepada kekuatan lain.
2.
Unsur
Deklaratif, adalah unsure yang tidak mutlak, ada pada saat Negara berdiri,
tetapi unsur ini boleh dipenuhi atau menyusul setelah Negara berdiri. Unsur
deklaratif adalah adanya pengakuan dari Negara lain.
Pengakuan dari
Negara lain terbagi atas 2 macam yaitu :
1.
Pengakuan
de facto, pengakuan berdasarkan kenyataan yang ada atau fakta yang sungguh-
sungguh nyata tentang berdirinya suatu Negara.
2.
Pengakuan
de yure, pengakuan berdasarkan pernyataan resmi menurut hukum internasional.