 
Contoh RPP Berkarakter kelas X mengenai Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam berbagai aspek Kehidupan
Monday, June 4, 2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah              : 
Kompetensi Keahlian  : Semua
Program Keahlian
Mata Pelajaran             : PKn
Kelas/Semester            : X / 2
Tahun Pelajaran             : 
KKM                                : 75
I.       Standar Kompetensi
5.   Melengkapi Persamaan Kedudukan Warga Negara
dalam berbagai aspek Kehidupan
II.      Kompetensi Dasar
5.3
Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara tanpa membedakan Ras, Agama, Gender, Golongan, Suku dan
Budaya
III.     Alokasi Waktu
1    
x Tatap muka (2 x 45 menit)
v 
Menyebutkan
persamaan kedudukan warga
negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, suku dan bangsa 
v 
Mengidentifikasikan ciri dari
ras,agama,gender,golongan,dan suku secara garis besar
v   Menunjukkan sikap saling menghormati persamaan kedudukan
warga negara tanpa membedakan ras,agama gender,golongan suku dan budaya
V. Nilai Karakter
         1.Toleransi  (N. 3)
         2. Cinta
ranah Air  (N. 11)
VI.    Tujuan
Pembelajaran
v  Melalui diskusi siswa dapat menebutkan 
persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, golongan, suku,
bangsa, agama, gender
v  Melalui diskusi siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri ras,agama,golongan suku dan budaya 
v  Dengan
diskusi siswa dapat menunjukan sikap saling menghormati
VII.   Materi
Pokok Pembelajaran
v  Persamaan
kedudukan Warga Negara tanpa membedakan ras,gender,agama
     suku, golongan dan budaya
VIII.  Metode
Pembelajaran
        1.Diskusi
IX.   Media
dan alat Pembelajaran
          1.lembar
soal/tugas
          2. Buku
paket PKn/ modul pkn
X.   Bahan ajar
       1. Contoh
foto kehidupan berbagai macam suku di Indonesia
       2. Foto atau
gambar budaya yang ada di Indonesia
XI. Model
Pembelajaran
    J I G S A W (model tim ahli)
XII.  Sumber Belajar
v  UUD Negara RI 1945 
v  Modul
pembelajaran PKn (KTSP 2006) SMK kelas X semester I, Tim MGMP Prop. DIY
v  PKn
Kelas X Sem 2 Retno listyarini, setiadi
XIII. Langkah Kegiatan Pembelajaran
| 
NO | 
Kegiatan pembelajaran | 
Waktu | 
| 
1. 
2. | 
Pendahuluan/Kegiatan awal   Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan diri siswa
  bahwa pengembangan diri hendaknya selaras dengan semangat persatuan
  dan kesatuan  Absensi  Menyanyikan salah satu lagu kebangsaan Indonesia “Dari
  Sabang sampai Merauke” Cipt. R. Surardjo  Guru melakukan Tanya jawab materi minggu yang lalu  Guru menjelaskan topik,tujuan dan manfaat kompetensi
  yang akan dipelajari serta strategi pembelajaran,cara penilaian yang akan
  dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari saat ini.  Guru membagi menjadi lima kelompok  Guru membagi satu amplop berisi soal ke
  masing-masing kelompok 
Kegiatan
  inti/kegiatan pokok  
             
  A. EKSPLORASI  Masing-masing kelompok
  membaca isi amplop soal untuk menemukan jawaban dari soal kompetensi “Persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek
  kehidupan”  Setiap kelompok dan peserta didik mencermati dengan
  teliti soal mengenai kompetensi” Persamaan kedudukan warga negara
  dalam berbagai aspek kehidupan” 
              B. ELABORASI  Setiapkelompok menyelesaikan dengan cara berdiskusi dan
  bertukar pendapat antar anggota  Setiap kelompok menjawab semua pertanyaan  Setiap kelompok maju salah satu anggotanya 
   mempresentasikan
  hasil diskusinya dengan baik 
              C. KONFIRMASI  Guru memberi tanggapan atau umpan balik positif secara
  lisan  Guru meluruskan dan menggaris bawahi dengan menguatkan
  dari materi  “Persamaan kedudukan warga negara dalam
  berbagai aspek kehidupan”  Guru melibatkan peserta didik untuk menyimpulkan
  hasil diskusi dari materi “Persamaan
  dan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan” 
Kegiatan akhir/kegiatan penutup       Semua peserta didik mengerjakan tes formatif  Guru melakukan penilaian  Guru memberi informasi untuk pembelajaran berikutnya
  atau pertemuan yang akan datang  Guru menyampaikan kata maaf apabila dalam penyampain
  materi ada tutur kata yang salah baik disengaja maupun tidak disengaja  Pembelajaran ditutup dengan doa bersama diakhiri dengan
  salam | 
15 menit 
60 menit 
15 menit | 
XIV.
PENILAIAN 
         Teknik:
ü  Penilaian tertulis (individu)
ü  Penilaian unjuk kerja (presentasi)/ kelompok
ü  Kriteria / Pedoman
a.    KKM  : 75
b.    Bobot penilaian 30% nilai afeksi (diskusi) dan 70%
nilai tes tertulis
c.    Format penilaian diskusi terlampir
d.    Pedoman penskoran soal uraian
ü  Setiap jawaban benar diberi nilai 10
ü  Jumlah skor maksimal 30
e.    Pedoman penilaian diskusi Terlampir
ü  Nilai akhir ditentukan sbb:
                                               
Skor perolehan
Nilai Akhir =
----------------------------- X Nilai maksimal 100
                    Skor maksimal (12)
, 
Mengetahui
                Kepala
Sekolah                                                         Guru
Mata Pelajaran
LAMPIRAN –LAMPIRAN 
Lampiran 1.
Kisi-kisi soal RPP
KD. 5.3
Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara
tanpa membedakan Ras, Agama, Gender, Golongan, Suku dan
Budaya
| 
NO | 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
MATERI PEMBELAJARAN | 
INDIKATOR SOAL | 
BENTUK SOAL | 
NO SOAL | 
| 
1 | 
5.    Melengkapi Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam berbagai aspek Kehidupan 
ü    | 
5.3 Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara tanpa membedakan
  Ras, Agama, Gender, Golongan, Suku dan Budaya | 
1. Persamaaan dan kedudukan warga negara tanpa membedakan
  ras,agama,gender,golongan,dan budaya. 
2. menunujukan ciri-ciri
  ras,agama,gender,golongan,suku, dan budayai  
3. menunjukkan sikap menghormati persamaaan dan perbedaan | 
1.Menyebutkan persamaan kedudukan
  warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, suku dan bangsa  
2.Mengidentifikasikan ciri dari
  ras,agama,gender,golongan,dan suku secara garis besar 
 3.Menunjukkan sikap saling menghormati persamaan kedudukan warga negara
  tanpa membedakan ras,agama gender,golongan suku dan budaya | 
Uraian 
Uraian 
Diskusi | 
1 
2 | 
Lampiran  2.
Lembar Tugas Kelompok untuk diskusi
| 
No | 
Pertanyaan | 
Jawaban | 
Skor | 
| 
1. | 
Jelaskan secara singkat pengertian dari
  Ras,Gender,Agama,Budaya dan suku dan berikan contoh masing-masing satu saja | 
............................................................ 
............................................................ 
............................................................ 
............................................................ | 
10 | 
| 
2. | 
Sebutkan ciri-ciri dari
  Ras,gender,agama,Budaya,dan suku | 
............................................................ 
............................................................ 
............................................................ | 
10 | 
| 
Jumlah skor | 
20 | 
Lampiran 3.
Kunci jawaban Lembar Tugas Kelompok untuk
diskusi
| 
No | 
Pertanyaan | 
Jawaban | 
Skor | 
| 
1. | 
Jelaskan secara singkat pengertian dari
  Ras,Gender,Agama,Budaya dan suku dan berikan contoh masing-masing satu saja | 
Agama merupakan keyakinan seseorang dalam beribadah pada satu
  agama(agama islam,budha) 
Gender adalah persamaan laki-laki dan perempuan dalam hak dan
  kewajiban (pilot,sopir taksi) | 
10 | 
| 
2. | 
Sebutkan ciri-ciri dari
  Ras,gender,agama,Budaya,dan suku | 
Ciri-ciri 
Ras: warna kuli thitam 
Gender:punya hak sama 
Agama: beribadah (sholat) 
Budaya: Pakaian adat | 
10 | 
| 
Jumlah skor | 
20 | 
Lampiran 4
| 
No | 
Nama | 
Partisipasi | 
MengharagaiPendapat | 
Tanggung Jawab | 
Kerja Sama | 
Skor Perolehan | 
Nilai Akhir | 
| 
1 | |||||||
| 
2 | |||||||
| 
3 | |||||||
| 
4 | |||||||
| 
5 | |||||||
| 
6 | 
Keterangan:
a.     
Keterangan skor 1= kurang 2 = cukup 3=
baik
b.     
Skor Maksimal = 15
Lampiran 5.
Uraian materi ajar/pokok
SK.  5 Melengkapi Persamaan Kedudukan Warga Negara
dalam berbagai  aspek Kehidupan
KD. 5.3 Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara tanpa membedakan Ras, Agama, Gender, Golongan, Suku dan
Budaya
Persamaan kedudukan Warga Negara
Indonesia merupakan negara besar yang
terdiri atas berbagi ras,agama,gender,golongan,budaya dan suku.
Keragaman ini
hendaknya dilihat sebagai pemicu untuk menciptakan persatuan dan
kesatuan,bukanya malah menimbulkan perpecahan.
Contoh persamaan
kedudukan tanpa membedakan :
1.      RAS
Adalah
warna kulit yang menjadi ciri khas suku bangsa tertentu.Seseorang dengan ras
tertentu terkadang memperoleh perlakuan menguntungkan atau malah
merugikan.apapun warna kulit harus tetap mendapat perlakuan yang sama
2.      Agama
Indonesia
mempunyai lima agaama yang diakui secara resmi
(Islam,Katolik,kristen,budha,hindu) tidak ada yang dinomor satukan dan tidak
pula dikucilkan
3.      Gender
Merupakan
jenis kelaminyang meyebabkan terjadinya perbedaan hak dan kewajiban antara pria
dan wanita
4.      Golongan
Di
Indonesia banyak terdapat golongan baik berbasis agama,partai
politik,organisasi.Setiap golongan diharapkan memposisikan dirinya sejajar
dengan laindan saling melengkapisatu sama lain.
5.      Budaya dan suku
Antara
budaya dan suku terjalinhubungan yang sangat erat.Indonesia terdiri dari 250
suku bangsa yang memiliki budaya berbeda.Perbedaan ini hendak diinterogasikan
dan bukan diperbandingkan.Tiongha memiliki kebudayaan Barongsai.contoh
kebudayaan  indonesia yang sejajar dengan
kebudayaan minagkabau,Batak,Jawa,Dayak,flores dan papua.
