Contoh RPP Berkarakter Pkn Menganalisis Hubungan Internasional dan Internasional
Monday, June 4, 2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah
|
|
Kompetensi
Keahlian
|
|
Mata
Pelajaran
|
PKn
|
Kelas /
Semester
|
XI / Genap
|
Tahun
Pelajaran
|
|
Alokasi
Waktu
|
1 x pertemuan ( 2 x 45) menit
|
KKM
|
75
|
Standar Kompetensi
4. Menganalisis
Hubungan Internasional dan Internasional
4. 5 Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional
yang bermanfaat bagi
Indonesia
Indikator :
4.5.1 . Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama Indonesia dengan
Negara lain
2. Menjelaskan
manfaat kerjasama antar bangsa
3. Memberikan contoh kerjasama dan perjanjian Internasional
yang besar manfaat-
nya bagi Indonesia
Pendiddikan karakter
1. Toleransi yaitu Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,
suku,
etnis, pendapat, sikap, dan tindakan
orang lain yang berbeda dengan dirinya
2. Cinta Tanah Air yaitu Cara berpikir,
bersikap, dan berbuat yang menunjukan
kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
yang tinggi terhadap bahasa,
lingkungan fisik, sosial, budaya,
ekonomi, dan politik bangsa .
3. Bersahabat / Komunikatif yaitu Tindakan yang memperlihatkan rasa
senang
Berbicara, bergaul dan bekerja sama
dengan orang lain .
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
Mencari dari berbagai sumber ( internet )
peserta didik dapat
menjelaskan
bentuk – bentuk kerja sana dendan negara lain
dengan jelas
2. Dengan
mengali informasi dari sumber belajar ( buku – buku referensi yang
Relefan) peserta didik dapat menunjukan
bentuk – bentuk kerja sama dan
perjanian Inter nasional yang bermanfaat bagi Indonesia
3. Dengan
berdiskusi dan bermain kartu peserta didik dapat menyebutkan bentuk –
bentuk
kerja sama dan manfaatnya bagi bangsa Indonesia
B. Materi
Pembelajaran
1. Bentuk –
bentuk kerja sama dengan negera lain
2. Manfaat kerja sama dan perjanjian Internasional bagi
bangsa Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
~ Diskusi
Kelompok ( dengan metode Group Investigation )
~ Bermain
kartu / gambar
D. Langkah – langkah pembelajaran
Pendahuluan
1.
Mengucapkan salam ( Apersepsi 10 menit )
2. Mengajak
siswa untuk berdiri menyanyikan lagu wajib Satu nusa satu Bangsa
3.
Mengkondisikan kelas dengan baik untuk memulai pembelajaran dan
mempresensi peserta didik
4.
Mengadakan pre test awal tentang hubungan
dan kerja sama dengan
bangsa
lain
5.
Memotivasi peserta didik untuk
menanamkan nilai – nilai saling menghormati
dan
memelihara hubungan kerja sama dengan bangsa lain
Kegiatan
inti ( 70 menit )
a. Peserta didik masuk dalam kelompok yang telah
dibentuk sebelumnya
masing
– masing dan mempersiapkan
temuan dari internet tugas minggu lalu tentang bentuk – bentuk kerja
sama
dan keterlibatan kita di dunia Internasional
b. Peserta
didik mengambil kartu undian untuk
memberikan beberapa contoh bentuk kerja sama,
manfaat
pentingnya kerja sama dan
memelihara hubungan dengan bangsa lain
yang di
ikat dengan perjanian Internasional (
Elaborasi )
a Peserta didik menguraikan tentang bentuk – bentuk kerja sama dan bentuk
bentuk perjanjian
Internasional
b. Peserta
didik menunjukan manfaat yang diperoleh
dari kerja sama antar
bangsa
pada kelompok lain ( Ekplorasi )
a. Guru
menempel kertas di papan tulis yang berisikan pertanyaan tentang
bentuk – bentuk kerja sama, manfaat kerja sama
dan perjanjian Internasional
bagi
bangsa Indonesia .
b. Masing –
masing kelompok maju kedepan secara bergantian untuk
menempelkan gambar / kartu berisi tulisan yang sesuai dengan lajur
secara
benar .( Konfermasi )
Penutup
1. Guru
menyimpulkan hasil akhir dari
pembelajaran/ dan tugas
2.
Memotivasi peserta didik untuk
memperdalam materi berikutnya
3. Menutup Pembelajaran dengan salam
Post tes ( 10 menit )
E. Alat /
Media
1.
Laptop
2. LCD
3. Kartu
pesan
F. Sumber
Belajar
~ Buku Modul Pembelajaran PKn semester II (
MGMP )
Propinsi Tahun 2008 ,
karangan Sukardi, SPd. , Dra. Inuk I. M ,
Drs. Mudjimin
~
Kewarga Negaraan XI , Penerbit PT. Tiga
Serangkai 2010 karangan
Bambang
Tri Purwanto, Sunardi
~ Pendidikan Kewarganegaraan , Penerbit Erlangga
Jakarta karangan
Retno Listiyani Setiadi
G. Penilaian
Tehnik
penilaian tertulis
Bentuk Soal Esay
Butir soal
1. Sebut
dan jelaskan 3 bentuk kerja Internasional ?
2.
Keterlibatan dalam bentuk apa saja negara
kita di dunia Internasional ?
3.
Manfaat apa saja yang diperoleh dari kerja sama Internasional ?
Tanggal,
Guru Mata Pelajaran
Uraian Materi
Bentuk – bentuk kerja sama dan manfaat perjanjian
Internasional bagi bangsa Indonesia
Bentuk kerja sama
:
1. Bilateral ( kerja sama 2 negara )
contoh Indonesia dengan Kanada dalam bidang
pembangunan
NGO ( Non Govermmen Organization ) lembaga swadaya masyarakat yang
dikelola langsung oleh kedutaan Kanada
Indonesia dengan RRC dalam bidang
pertanian
MoU ( Memorandum Of Understanding ) Indonesia dan RRC , 28 – 12 –
1999 hibah senilai 40 juta Yuan ( US$ 4,6 Juta ) untuk pengadaan alat
alat
pertanian .
2. Regional (
kerja sama dalam satu wilayah / kawasan )
Contoh ASEAN , APEC, di Indonesia , di negara lain
dalam pertahan NATO
Paktawarsawa, MEE ( bidang Ekonomi )
3. Multilateral ( kerja sama dalam wilayah Internasional
)
Contoh WHO, ILO, UNESCO, UNICEF,
FAO,IMF,OPEC,WTO,OKI dll
Contoh kesepakatan penyelesaian batas landas kontinen
antara Indonesia dengan negara lain :
a.
Indonesia dan Malaisia mengenai selat malaka dan laun cina selatan
27
Oktober 1969
b. Indonesia dan Australia tentang laut timor
dan Arafuru 18 Mei 1971
c.
Indonesia dan Thailan tentang selat malaka dan laut Andaman
17
desember 1971
Keterlibatan Bangasa
Indonesia dalam dunia Internasional
1. Keikutsertaan sebagai anggota PBB
2. Pemrakarsa dalam KAA dan gerakan
Non Blok
3. Keikutsertaan berdirinya ASEAN
4. Keikutseraan sebagai anggota
OKI,APEC dan Organisasi Internasional
lainnya
Manfaat yang diperoleh dari kerja sama Internasional :
a.
Bidang Idiologi : meskipun berbeda idiologi/ falsafah negara tetap saling
menghormati dan menghargai
b.
Bidang Politik sama – sama berorientasi pada kepentingan nasioanal
c.
Bidang SOSBUD saling melengkapi dan tetap
berpedoman pada kepribadian
masing – masing
d. Bidang
HANKAM adanya latihan perang untuk
meningkatkan kemampuan
pertahanan masing – masing .
Kunci Jawaban :
1. Sebut dan jelaskan 3 bentuk kerja Internasional ?
1. Bilateral (
kerja sama 2 negara )
2.
Regional ( kerja sama dalam satu wilayah
/ kawasan )
3. Multilateral
( kerja sama dalam wilayah Internasional )
2. Keterlibatan dalam bentuk apa saja negara kita di dunia Internasional ?
1.
Keikutsertaan sebagai anggota PBB
2. Pemrakarsa
dalam KAA dan gerakan Non Blok
3.
Keikutsertaan berdirinya ASEAN
4. Keikutseraan
sebagai anggota OKI,APEC dan Organisasi Internasional
lainnya
3. Manfaat apa saja yang diperoleh dari kerja sama
Internasional ?
a. Bidang Idiologi : meskipun berbeda
idiologi/ falsafah negara tetap saling
menghormati dan menghargai
b. Bidang
Politik sama – sama berorientasi pada kepentingan nasioanal
c. Bidang
SOSBUD saling melengkapi dan tetep
berpedoman pada kepribadian
masing –
masing
d. Bidang
HANKAM adanya latihan perang untuk
meningkatkan kemampuan
pertahanan
masing – masing .
Skor Penilaian
Penilaian
Latihan soal
pertama
Standar
Kompetensi : 4. Menganalisis
Hubungan Internasional dan
Internasional
Kaompetensi
Dasar : 4.5 Menghargai kerjasama dan perjanjian
internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
Kode Kompetensi : 4.5
No. Soal
|
Bobot Soal
|
Score
|
1
|
Mudah
|
2
|
2
|
Sedang
|
3
|
3
|
Sukar/ sulit
|
5
|
Jumlah
|
10
|
Tanggal,
Guru Mata Pelajaran
Soal yang harus di jawab masing – masing kelompok secara
acak
1. Jelaskan pengertian bentuk kerja sama bilateral
berserta 2 contohnya !
|
2. Jelaskan pengertian bentuk kerja
sama regional beserta contohnya !
|
3. Jelaskan pengertian bentuk kerja
sama multilateral beserta contohnya !
|
4. Berilah contoh kesepakatan penyelesaian batas landas
kontinen antara Indonesia
dengan negara
lain !
|
5. Keterlibatan dalam bentuk apa saja negara kita di dunia Internasional ?
|
6. Manfaat apa saja yang diperoleh dari kerja sama
Internasional ?
|
LAMPIRAN FORMAT PENILAIAN
PROSES
DISKUSI ( AFEKTIF )
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Penilaian
|
||||||||||||||||
Partisipasi
|
Menghargai pendapat
|
Tanggung
jawab
|
Penguasaan
materi
|
Kerja
sama
|
Skor
perolehan
|
Nilai
|
||||||||||||
1
|
||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||
...
|
||||||||||||||||||
a. Keterangan skor 1 = kurang , 2 =
cukup, 3 = baik
b. Skor maksimal = 15
Skor perolehan
Nilai akhir = X Nilai
maksimal ( 100)
Skor maksimal( 15 )