Tips Belajar Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa Asing sangat diperlukan baik itu untuk dunia pendidikan ataupun dalam kehidupan lainnya. Selain bahasa Internasional selain Inggris masih banyak bahasa yang perlu kita pelajari/minimal tau walau hanya sedikit.


1. "Mantapkan Tujuan yang ingin dicapai"
Memantapkan tujuan dalam mempelajari bahasa Asing yang kita pilih adalah hal utama yang harus kita perhatikan, saat kita sudah mantap dan yankin tidak ada yang bisa menghalangi, maka belajarpun akan menjadi menyenangkan, saat sudah menyenagkan maka belajarpun akan menjadi mudah. Walaupun harus bekerja keras kalau itu adalah hal yang menyenagkan maka akan dilakukannya. Maka mantapkan dulu keyakinan dan tujuan anda belajar bahasa.

2. "Biasakan untuk bertanya"
Tips ini adalah tips yang bagus bagi anda yang aktif, karena dengan bertanya kemungkinan 90 % pertanyaan kita akan kita ingat. 

3. "Jangan pernah merasa malu"
Untuk tips selanjutnya, jangan malu untuk salah baik itu bertanya ataupun berbicara. Tanyakan apakah bahasanya yang dia gunakan sudah baik atau belum
4. "Banyak membaca dan mendengar"
Perbanyaklah membaca surat kabar atau majalah yang berbahasa Asing dan pelajari untuk mengerti artinya. Selain itu untuk melatih indera pendengaran supaya lebih friendly dengan bahasa asing sering-sering mendengar baik melalui lagu-lagu/musik maupun film-film yang berbahasa Asing.
5. "Belajar menggunakan buku panduan"
Tidak kalah pentingnya buku panduan dalam mempelajari bahasa Asing, dengan buku panduan maka pembelajaran anda akan lebih terarah. Bisa juga mengikuti les atau privat bahasa Asing.
6. "Menggunakan Internet"
Internet tidak lah ketinggalan untuk memperlancar bahasa Asing anda, semisal membaca blog atau situs yang berbahasa asing ataupun melalui jejaring sosial untuk chatting, chat akan melatih anda dalam menulis dan memahami bahasa Asing, pilihlah teman dari luar yang mau diajak chat. Saat anda chat kemungkinan untuk anda canggung dan malu karena salah agaknya akan berkurang, jika anda tidak yakin dengan bahasa anda bisa langsung tanyakan pada google translate.

Tips terakhir adalah membiasakan menulis dan berbicara dalam bahasa Asing di kehidupan sehari-hari. Dengan terbiasa menggunakan bahasa asing dalam kehidupan  sehari-hari maka penguasaan bahasa anda akan lebih banyak dan lebih lancar karena dimanfaatkan setiap hari. 

Semoga Bermanfaat


Labels: ,