Contoh RPP Berkarakter Pkn Menganalisis Hubungan Internasional dan Internasional

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
 

Nama Sekolah

Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran
PKn
Kelas / Semester
 XI / Genap
Tahun Pelajaran

Alokasi Waktu
1  x  pertemuan ( 2 x 45) menit
KKM
75

Standar Kompetensi
           
 4.     Menganalisis Hubungan Internasional dan Internasional


Kompetensi Dasar  
           
4. 5 Menghargai kerjasama dan perjanjian   internasional yang bermanfaat bagi
       Indonesia

Indikator :

     4.5.1 . Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama Indonesia dengan Negara lain
     2. Menjelaskan manfaat kerjasama antar bangsa
     3. Memberikan contoh kerjasama dan perjanjian Internasional yang besar manfaat- 
         nya bagi Indonesia

Pendiddikan karakter
     1. Toleransi yaitu Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku,
         etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dengan dirinya
     2. Cinta Tanah Air yaitu Cara berpikir,  bersikap, dan berbuat yang menunjukan
         kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa,
         lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa .
     3. Bersahabat / Komunikatif yaitu Tindakan yang memperlihatkan rasa senang
         Berbicara, bergaul dan bekerja sama dengan orang lain .

A.  Tujuan Pembelajaran

      1. Dengan Mencari dari berbagai sumber ( internet )  peserta didik dapat 
          menjelaskan bentuk – bentuk kerja sana dendan negara lain  dengan jelas
      2. Dengan mengali informasi dari sumber belajar ( buku – buku referensi yang
          Relefan)  peserta didik dapat menunjukan bentuk – bentuk  kerja sama dan
          perjanian Inter nasional yang bermanfaat  bagi Indonesia
      3. Dengan berdiskusi dan bermain kartu peserta didik dapat menyebutkan bentuk –
          bentuk kerja sama dan manfaatnya bagi bangsa Indonesia





B.   Materi Pembelajaran

      1. Bentuk – bentuk kerja sama dengan negera lain
      2. Manfaat  kerja sama dan perjanjian Internasional bagi bangsa Indonesia

C.   Metode Pembelajaran
       ~ Diskusi Kelompok ( dengan metode Group Investigation )
       ~ Bermain kartu / gambar

D.   Langkah – langkah pembelajaran  
     
           Pendahuluan

       1. Mengucapkan salam  ( Apersepsi  10 menit )
       2. Mengajak siswa untuk berdiri menyanyikan lagu wajib Satu nusa satu Bangsa
       3. Mengkondisikan kelas dengan baik untuk memulai pembelajaran dan
           mempresensi peserta didik
       4. Mengadakan pre test awal tentang  hubungan dan kerja sama dengan
           bangsa lain
       5. Memotivasi  peserta didik untuk menanamkan nilai – nilai saling menghormati
           dan memelihara hubungan kerja sama dengan bangsa lain
  
           Kegiatan inti   ( 70 menit )

        a.  Peserta didik masuk dalam kelompok yang telah dibentuk sebelumnya
             masing – masing dan mempersiapkan
             temuan  dari internet  tugas minggu lalu  tentang bentuk – bentuk kerja
             sama dan keterlibatan kita di dunia Internasional  
        b. Peserta didik mengambil kartu undian untuk
            memberikan beberapa contoh bentuk kerja sama, manfaat
            pentingnya kerja sama dan  memelihara hubungan dengan bangsa lain
            yang di ikat dengan perjanian Internasional  ( Elaborasi )

        a  Peserta didik menguraikan tentang  bentuk – bentuk kerja sama dan bentuk 
            bentuk perjanjian Internasional 
        b. Peserta didik  menunjukan manfaat yang diperoleh dari kerja sama antar
            bangsa pada kelompok lain ( Ekplorasi )

        a. Guru menempel kertas di papan tulis yang berisikan pertanyaan tentang
            bentuk – bentuk kerja sama, manfaat kerja sama dan perjanjian Internasional
            bagi bangsa Indonesia .
        b. Masing – masing kelompok maju kedepan secara bergantian untuk
            menempelkan gambar / kartu berisi tulisan yang sesuai dengan lajur secara
            benar  .( Konfermasi )

            Penutup
        1. Guru menyimpulkan hasil akhir dari  pembelajaran/ dan tugas  
        2. Memotivasi  peserta didik untuk memperdalam materi berikutnya
        3. Menutup Pembelajaran dengan salam
  
            Post tes ( 10 menit )
          
E.        Alat / Media
            1. Laptop
            2. LCD
            3. Kartu pesan





F.         Sumber Belajar
  ~ Buku Modul Pembelajaran PKn semester II ( MGMP )
 Propinsi Tahun 2008 ,
      karangan Sukardi, SPd. , Dra. Inuk I. M , Drs. Mudjimin
   ~ Kewarga Negaraan  XI , Penerbit PT. Tiga Serangkai  2010  karangan
      Bambang Tri Purwanto, Sunardi
   ~ Pendidikan Kewarganegaraan  , Penerbit Erlangga  Jakarta karangan
      Retno Listiyani Setiadi
             

G.        Penilaian
            Tehnik penilaian tertulis
           
             Bentuk Soal Esay
           
             Butir soal

            1. Sebut dan jelaskan 3 bentuk kerja Internasional ?
            2. Keterlibatan dalam bentuk apa saja negara  kita di dunia Internasional ?
            3. Manfaat apa saja yang diperoleh dari kerja sama Internasional ?


                                                                                               

                                                                                                Tanggal, 


                                                                                                         Guru Mata Pelajaran

                          


Uraian Materi

Bentuk – bentuk kerja sama dan manfaat perjanjian Internasional bagi bangsa Indonesia

Bentuk  kerja sama :
1. Bilateral ( kerja sama 2 negara )
    contoh  Indonesia dengan Kanada dalam bidang pembangunan
                 NGO ( Non Govermmen Organization ) lembaga swadaya masyarakat yang
                 dikelola langsung oleh kedutaan Kanada
                  Indonesia dengan RRC dalam bidang pertanian
                 MoU ( Memorandum Of Understanding ) Indonesia dan RRC , 28 – 12 –
                 1999 hibah senilai 40 juta Yuan ( US$ 4,6 Juta ) untuk pengadaan alat
                  alat  pertanian .
2. Regional  ( kerja sama dalam satu wilayah / kawasan )
    Contoh  ASEAN , APEC, di Indonesia , di negara lain dalam pertahan NATO
                  Paktawarsawa, MEE ( bidang Ekonomi )
3. Multilateral ( kerja sama dalam wilayah Internasional )
    Contoh  WHO, ILO, UNESCO, UNICEF, FAO,IMF,OPEC,WTO,OKI  dll

Contoh kesepakatan penyelesaian batas landas kontinen antara Indonesia dengan negara lain :
   
           a. Indonesia dan Malaisia mengenai selat malaka dan laun cina selatan
               27 Oktober 1969
           b. Indonesia dan Australia tentang laut timor dan Arafuru  18 Mei  1971
           c. Indonesia dan Thailan tentang selat malaka dan laut Andaman
              17 desember 1971
    
 Keterlibatan Bangasa Indonesia dalam dunia Internasional
            1. Keikutsertaan sebagai anggota PBB
            2. Pemrakarsa dalam KAA dan gerakan Non Blok
3. Keikutsertaan berdirinya ASEAN
4. Keikutseraan sebagai anggota OKI,APEC dan Organisasi Internasional
    lainnya

Manfaat yang diperoleh dari kerja sama Internasional :
            a. Bidang Idiologi : meskipun berbeda idiologi/ falsafah negara tetap saling
               menghormati dan menghargai
            b. Bidang Politik sama – sama berorientasi pada kepentingan nasioanal
            c. Bidang SOSBUD  saling melengkapi dan tetap berpedoman pada kepribadian
               masing – masing
            d. Bidang HANKAM  adanya latihan perang untuk meningkatkan kemampuan
               pertahanan masing – masing .



Kunci Jawaban :

                                                                    
1. Sebut dan jelaskan 3 bentuk kerja Internasional ?
     1. Bilateral ( kerja sama 2 negara )
     2. Regional  ( kerja sama dalam satu wilayah / kawasan )
     3. Multilateral ( kerja sama dalam wilayah Internasional )


2. Keterlibatan dalam bentuk apa saja negara  kita di dunia Internasional ?
    1. Keikutsertaan sebagai anggota PBB
    2. Pemrakarsa dalam KAA dan gerakan Non Blok
    3. Keikutsertaan berdirinya ASEAN
    4. Keikutseraan sebagai anggota OKI,APEC dan Organisasi Internasional
        lainnya

3. Manfaat apa saja yang diperoleh dari kerja sama Internasional ?
   
     a. Bidang Idiologi : meskipun berbeda idiologi/ falsafah negara tetap saling
         menghormati dan menghargai
     b. Bidang Politik sama – sama berorientasi pada kepentingan nasioanal
     c. Bidang SOSBUD  saling melengkapi dan tetep berpedoman pada kepribadian
         masing – masing
     d. Bidang HANKAM  adanya latihan perang untuk meningkatkan kemampuan
         pertahanan masing – masing .




Skor Penilaian

Penilaian
Latihan soal pertama


Standar Kompetensi           : 4.    Menganalisis Hubungan Internasional dan
                                                    Internasional
Kaompetensi Dasar                        : 4.5 Menghargai kerjasama dan perjanjian
                                                    internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

Kode Kompetensi                : 4.5

No. Soal
Bobot Soal
Score
1
Mudah
2
2
Sedang
3
3
Sukar/ sulit
5
Jumlah
10






                                                                                                Tanggal,



                                                                                                Guru Mata Pelajaran







Soal yang harus di jawab masing – masing kelompok secara acak


1. Jelaskan pengertian bentuk kerja sama bilateral berserta 2 contohnya !





 
KARTU 1
BILATERAL
Bentuk kerja sama dua negara
Indonesia dengan Canada kerja sama dalam bidang pembangunan
Indonesia dengan RRC kerja sama dalam bidang Pertanian 
 







                                                                                                                                     



2. Jelaskan pengertian bentuk kerja sama regional beserta contohnya !





 
KARTU 2
REGIONAL
Bentuk kerja sama dalam satu wilayah/kawasan
ASEAN, APEC,MEE,NATO,PAKTAWARSAWA

 










3. Jelaskan pengertian bentuk kerja sama multilateral beserta contohnya !






 
KARTU 3
MULTILATERAL
Bentuk kerja sama wilayah Internasional / Dunia
WHO, ILO,IMF.UNSCO, UNICEF,FAO,OPEC
WTO DLL

 











4. Berilah contoh kesepakatan penyelesaian batas landas kontinen antara Indonesia 
    dengan negara lain !






 

KARTU 4
Perjanian Internasioanal

a. Indonesia dan Malaisia mengenai selat malaka dan 
    laut cina selatan 27-10-1969
b. Indonesia dan Australia tentang laut timor dan Arafuru 
    18 – 05 – 1971
c. Indonesia dan Thailan tentang selat malaka dan laut
    Andaman 17 – 12 – 1971
    


 















5. Keterlibatan dalam bentuk apa saja negara  kita di dunia Internasional ?




KARTU 5
Keterlibatan dalam dunia Internasional

            1. Keikutsertaan sebagai anggota PBB
            2. Pemrakarsa dalam KAA dan gerakan Non Blok
3. Keikutsertaan berdirinya ASEAN
4. Keikutseraan sebagai anggota OKI,APEC dan
    Organisasi Internasional  lainnya


 
 













6. Manfaat apa saja yang diperoleh dari kerja sama Internasional ?
   



KARTU 6
Manfaat kerja sama Internasional
     a. Bidang Idiologi : meskipun berbeda idiologi/ falsafah negara tetap
         saling menghormati dan menghargai
     b. Bidang Politik sama – sama berorientasi pada kepentingan nasioanal
     c. Bidang SOSBUD  saling melengkapi dan tetep berpedoman pada
         kepribadian masing – masing
     d. Bidang HANKAM  adanya latihan perang untuk meningkatkan
         kemampuan pertahanan masing – masing .





 
 


















LAMPIRAN  FORMAT PENILAIAN 
PROSES DISKUSI ( AFEKTIF )


No

Nama
Siswa
Aspek Penilaian

Partisipasi
Menghargai pendapat

Tanggung
jawab
Penguasaan
materi
Kerja
sama
Skor
perolehan
Nilai
1


















2


















3


















4


















5


















...







































a. Keterangan skor 1 = kurang , 2 = cukup, 3 = baik

b. Skor maksimal = 15


                          Skor perolehan         
Nilai akhir  =                                        X Nilai maksimal ( 100)
                         Skor maksimal( 15 )
                                                                                                                                               




Labels: ,