Sejarah William Wallace (C. 1270-1305)

William Wallace William Wallace

Wallace memimpin pemberontakan melawan Skotlandia Edward I dan menyebabkan kekalahan terkenal di tentara Inggris di Stirling Bridge. Dia dikenang sebagai seorang patriot dan pahlawan nasional.
William Wallace lahir di 1270-an di Elderslie di Renfrewshire dari keluarga bangsawan. Sangat sedikit yang diketahui tentang tahun-tahun awal dan ada periode signifikan dari hidupnya yang tidak ada sumber terpercaya.
Pada 1296, Edward I dari Inggris telah mengambil keuntungan dari krisis suksesi di Skotlandia dan memaksakan dirinya sebagai penguasa dengan pemerintahan Inggris. Dalam beberapa bulan, kerusuhan Skotlandia tersebar luas.
Pada bulan Mei 1297, Wallace menyerang kota Lanark, menewaskan sheriff Inggris dan kerusuhan dengan cepat menjadi penuh ditiup pemberontakan. Pria berbondong-bondong untuk bergabung Wallace dan dia mulai mendorong keluar Inggris Fife dan Perthshire. Pada bulan September 1297, Wallace mengalahkan kekuatan Inggris jauh lebih besar pada Pertempuran Stirling Bridge. Ini dan keberhasilan militer berikutnya sangat melemahkan pegangan bahasa Inggris di Skotlandia. Wallace kemudian meluncurkan serangan ke Inggris. Pada akhir 1298 atau awal 1297 dia knighted dan diangkat 'wali dari kerajaan' dalam nama John Balliol, raja digulingkan dari Skotlandia.
Kejutan dari kekalahan di Stirling rally Inggris sekitar Edward, yang berjalan ke utara dengan tentara. Strategi Wallace adalah untuk menghindari konfrontasi dan secara bertahap menarik diri. Dia menghancurkan pedesaan saat ia pergi, memaksa Edward untuk berbaris lebih dalam dan lebih dalam Skotlandia. Pada Juli 1298, tentara Skotlandia dan Inggris bertemu di dekat Karawang, dan Skotlandia dikalahkan. Wallace lolos dan sedikit yang diketahui dari gerakannya, tetapi pada tahap tertentu ia mengundurkan diri perwalian dan digantikan oleh Robert Bruce dan John Comyn.
Wallace kemudian pergi ke luar negeri, terutama ke Perancis, untuk mencari dukungan untuk penyebab Skotlandia. Ia kembali ke Skotlandia pada 1303. Dalam ketidakhadirannya Robert Bruce telah menerima gencatan senjata dengan Edward I dan, pada 1304, John Comyn datang untuk berdamai dengan bahasa Inggris juga. Wallace dikecualikan dari syarat dan raja Inggris menawarkan sejumlah besar uang kepada siapa saja yang dibunuh atau ditangkap dia. Wallace ditangkap di atau dekat Glasgow pada bulan Agustus 1305, dan diangkut ke London. Dia didakwa dan diadili dengan pengkhianatan, yang ia menyangkal, katanya dia tidak pernah bersumpah setia kepada raja Inggris. Eksekusinya diadakan pada tanggal 23 Agustus, di mana ia digantung, ditarik dan dipotong-potong. Kepalanya ditempatkan pada London Bridge, dan anggota badannya ditampilkan di Newcastle, Berwick, Stirling dan Perth.
Sumber 

Labels: