Manfaat Hubungan Internasional Bagi Suatu Negara

Hubungan internasional sangatlah penting bagi suatu Negara, dalam era globalisasi yang sangat kompleks ini tidak ada suatu Negara yang dapat berdiri sendiri. Dengan adanya hubungan internasional, pencapaian tujuan Negara akan lebih mudah dilakukan dan perdamaian dunia akan mudah diciptakan.
Realitas menunjukkan bahwa setiap bangsa memiliki kebutuhan mempertahankan kelangsungan hidupnya dan tidak selalu dapat dipenuhi oleh potensi setiap bangsa. Keadaan yang demikian mendorong untuk saling mengadakan hubungan antar negara.
Mengenai pentingnya hubungan internasional bahwa setiap negara memiliki sumber kekuatan yang berbeda-beda. Ada negara yang kuat akan sumber daya alam, ada juga yang banyak jumlah penduduknya, sementara ada negara lain yang mengandalkan berlimpahnyajumlah ilmuwan. Kekurangan yang ada dapat diatasi dengan saling berhubungan dengan yang lain. Hal inilah yang melahirkan hubungan internasional antar bangsa antar negara.
Hubungan Internasional dimaksudkan untuk:
  1.  Mempererat hubungan antar negara antara yang satu dengan yang lain.
  2.  Mengadakan berbagai kerjasama dalam rangka saling membantu dan saling menguntungkan.
  3.  Menjelaskan dan menegakkan kedaulatan negara serta memperjelas batas-batas wilayah negara
  4.  Mengadakan perdamaian dan perundingan pakta non agresi
  5. Mengadakan hubungan dagang serta hubungan ekonomi sesuai dengan kepentingan masing-masing negara
Setiap negara memiliki posisi yang berbeda-beda, baik dalam kemampuan ekonomi, keuangan, keamanan, politik maupun sumber daya manusia. Oleh karenanya setiap negara tidak dapat lepas dari keterlibatannya dengan negara lain, dalam bentuk hubungan antar bangsa.

Labels: