Home » , » Contoh RPP Berkarakter sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

Contoh RPP Berkarakter sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                                 :
Kompetensi  Keahlian        :
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Kewarganegaraan ( P Kn.)
Kelas/Semester                    : XII/1
Tahun Pelajaran                   :

Standar Kompetensi
1.  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.


Kompetensi Dasar
1.     Mendiskripsikan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka.

Indikator
1.1.1. Menjelaskan pengertian ideologi.
1.1.2. Menjelaskan fungsi ideologi bagi suatu negara
1.1.3. Menguraikan  proses perumusan Pancasila.sebagai Dasar Negara
1.1.4. Menjelaskan  fungsi dan kedudukan Pancasila bagi bangsa Indonesia.
1.1.5. Membuktikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

Pendidikan Karakter :
1.             Gemar Membaca          : kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
2.             Rasa ingin tahu: sikap dan  tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
3.             Demokratis         : cara berfikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
4.             Toleransi            : cara berfikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya 

Alokasi Waktu         : 4  x 45 menit   ( 2 x pertemuan)

A.           Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengkaji sumber belajar ( modul ) peserta didik dapat menjelaskan pengertian dan fungsi ideologi.dengan benar
2.    Dengan mengkaji modul peserta didik dapat menjelaskan proses perumusan Pancasila.sebagai Dasar Negara
3.    Dengan mengkaji modul peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan kedudukan Pancasila bagi bangsa Indonesia.
4.    Dengan berdiskusi kelompok peserta didik dapat membuktikan Pancasila sebagai Ideologi terbuka sesuai kriteria.

B.            Materi Pokok Pembelajaran
Pertemuan I
1.    Pengertian Ideologi
2.    Fungsi Ideologi
3.    Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara RI
4.    Fungsi dan Kedudukan Pancasila bagi Bangsa Indonesia
Pertemuan II
5.    Pengertian Ideologi Terbuka dan Tertutup
6.    Tiga Dimensi Kekuatan suatu Ideologi

C.           Metode Pembelajaran
a.    Ceramah dan tanya jawab
b.     Diskusi

D.           Sumber Belajar
1.    Modul Pembelajaran P Kn SMA-SMK-MAK Kelas XII semester 1 , MGMP P Kn Prov. DIY

E.           Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
PERTEMUAN I

Kegiatan Pendahuluan
  • Memberi Salam/ berdo’a
  • Mengabsen
  • Menyampaikan Tujuan Pembelajan 1,2, 3 dan 4
20 menit




Kegiatan Inti
  1. Eksplorasi
  • Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan materi pembelajaran
  •  Setiap kelompok diminta untuk mempelajari modul sesuai dengan materi masing masing ( rasa ingin tahu dan gemar membaca )
  1. Elaborasi
  • Wakil dari masing masing kelompok secara bergantian diminta untuk maju didepan kelas menjelaskan materi yang dipelajarinya  dan ditanggapi oleh kelompok lain ( komunikatif )
  • Guru memotivasi dan memantau keaktifan kelas
  1. Konfirmasi
  • Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berpartisipasi aktif dalam Tanya jawab.
  • Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran ( demokratis )
50 menit
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi dan post tes secara acak kepada Peserta didik
  • Guru memotivasi peserta didik untu mempersiapkan/ mempelajari di rumah  materi berikutnya
  • Menutup Kegiatan pembelajaran dengan salam

20 menit
PERTEMUAN II

Kegiatan Pendahuluan
·         Memberi Salam/ berdo’a
·         Mengabsen
·         Menyampaikan Tujuan Pembelajan no. 4
·         Guru menyampaikan teknis diskusi
20 menit
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
·         Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok
·          Setiap kelompok diminta untuk mempelajari modul tentang materi no 5 dan 6 ( gemar membaca dan rasa ingin tahu )
·         Setiap kelompok berdiskusi  untuk membuktikan bahwa Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat memenuhi semua kriteria
  1. Elaborasi
·         Masing masing kelompok secara bergantian diminta untuk maju didepan kelas mempresentasikan/menyampaikan hasil diskusi kelompoknya .( komunikatif )
·         Guru memotivasi dan memantau keaktifan kelas
·         Kelompok lain menanggapi/bertanya/ menyanggah presentasi ( demokratis, komunikatif )
  1. Konfirmasi
·         Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berpartisipasi aktif dalam diskusi
·         Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi ( demokratis )
60 menit
Kegiatan Penutup
·         Melakukan refleksi
·         Guru memotivasi peserta didik untuk mempersiapkan/ mempelajari di rumah  materi berikutnya
·         Menutup Kegiatan pembelajaran dengan salam
10 menit

F.            Penilaian
1.    Teknik Penilaian      : tes tertulis dan Unjuk Kerja
2.    Bentuk Soal              : Pilihan Ganda dan Uraian
3.    Butir Soal, Format Penilain Unjuk Kerja/ Diskusi dan kunci jawaban terlampir
4.    Kriteria Penilaian     :
a.    KKM  ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) KD         : 75
b.    Bobot Penilaian : nilai diskusi dan nilai tes tertulis
c.    Nilai   Maksimal tes tertulis 70, diskusi 30


Kengetahui
Kepala Sekolah,



Sleman, ………
Guru Mata Pelajaran,






                                                                



LAMPIRAN


BUTIR SOAL

KD : Mendeskripsikan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

I.      Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1.      Kekuatan (daya tahan) suatu ideologi antara lain sangat tergantung pada dimensi idealisme yang terkandung di dalamnya yaitu bahwa ideologi tersebut ….
A.   Memiliki keluwesan yang memungkinkan pengembangan pemikiran baru.
B.   Memberi harapan tentang masa depan yang lebih baik
C.   Berakar dan hidup dalam masyarakat atau bangsanya
D.   Bersumber dari budaya dan pengalaman sejarahnya
E.   Tidak kehilangan jati dirinya karena munculnya gagasan baru

2.      Pancasila secara yuridis konstitusional tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945. Hal ini menunjukkan kedudukan Pancasila sebagai ….
A.   Pandangan hidup bangsa
B.   Ideologi terbuka
C.   Jiwa dan kepribadian bangsa
D.   Penangkal budaya asing
E.   Dasar negara

3.      Yang dimaksud dengan nilai instrumental adalah ….
A.   nilai-nilai dasar yang sifatnya relatif tetap
B.   nilai-nilai yang sesungguhnya dilaksanakan
C.   nilai-nilai yang dijabarkan dalam bentuk peraturan perundang-undangan
D.   operasionalisasi nila-nilai dasar dalam bentuk sikap dan perbuatan
E.   nilai-nilai yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

4.  Pancasila sebagai ideologi nasional telahdikukuhkan secara konstitusional pada tanggal ….
A.   29 Mei 1945
B.   1 Juni 1945
C.   17 Agustus 1945
D.   18 Agustus 1945
E.   27 Agustus 1945

5.      Pancasila merupakan ideologi terbuka, maksudnya adalah ….
A.   dapat menerima semua pengaruh yang datang dari luar
B.   membuka diri dalam pergaulan antar bangsa di dunia
C.   tidak membatasi diri dalam segala aspek kehidupan
D.   menerima semua saran dan kritik dari manapun
E.   dapat berinteraksi dengan perkembangan jaman

6.      Fungsi Pancasila dalam hubungannya dengan pengaruh budaya asing dan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebagai ….
A.   pandangan hidup
B.   penyaring (filter)
C.   jiwa dan kepribadian bangsa
D.   dasar negara
E.   perjanjian luhur bangsa Indonesia

7.      Dengan Pancasila, kita mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Hal ini berhubungan dengan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai ….
A.   dasar negara
B.   pandangan hidup
C.   jiwa dan kepribadian bangsa
D.   tujuan yang hendak dicapai
E.   perjanjian luhur bangsa Indonesia

8.      Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, hal ini mengandung konsekuensi bahwa ….
A.   Semua peraturan harus mengandung nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila
B.   Semua peraturan yang ada sebelum Undang-Undang Dasar 1945 tidak berlaku
C.   Semua warga negara harus tunduk dan patuh terhadap Pancasila
D.   Segala produk perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan Pancasiloa
E.   Undang-undang harus mengandung nilai-nilai Pancasila

9.      Suatu ideologi yang dipaksakan seringdilaksanakan dengan cara-cara otoriter atau totaliter. Hal ini biasanya terdapat pada negara yang menerapkan ideologi ….
A.   liberal
B.   Islam
C.   Sosialis
D.   Komunis
E.   Pancasila

10.   Bangsa kita tidak dapat menutup diri dari pengaruh budaya luar, dalam kaitannya dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka, maka sebaiknya sikap kita adalah ….
A.     memilih kebudayaan mana yang baik dan mana yang tidak baik
B.     menyerap kebudayaan luar yang sesuai dengan kepribadian bangsa
C.     menerima kebudayaan luar yang sangat kita butuhkan
D.     menol;ak semua nilai asing demi kelestarian budaya bangsa
E.     menerima semua budaya dari luar untuk mengejar ketinggalan


II.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!

1.      Jelaskan makna Pancasila sebagai Dasar Negara  !
2.      Buktikan bahwa Pancasila adalah ideologi terbuka !



FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

NO
Nama Peserta Didik
ASPEK PENILAIAN/ SKOR
Skor Perolehan
NIlai
Partisipasi
Menghargai pendapat
Tanggung Jawab
Penguasaan Materi
Kerjasama
1








2








3








dst

















  •  Skor 1: kurang          Skor 2 : cukup         Skor 3 : baik
  • Skor maksimal         : 15
  • Nilai Diskusi             : Skor perolehan X  2
           
Share this article :
 
Support : semipedia | motorselip | Techno
Copyright © 2013. Pendidikan Kewarganegaraan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger